ARC Goes To Dieng, Wonosobo (2)

Dataran Tinggi Dieng.

Dataran Tinggi Dieng.

Dieng, Wonosobo. Alarm Handphone Bro Iwan berbunyi tepat di Jam 4:00 Subuh, tapi karena sangat dingin membuat mata enggan melek. Alarm dimatikan, tapi Jam 4:15 Alarm Handphone yang lainnya menyala kembali, membuat Bro Trias terbangun dan langsung membangunkan kawan-kawan yang lain untuk segera bersiap mengejar SunRise. Semua tim bergegas siap-siap, setelah shalat Subuh semua bergerak di Dinginnya Subuh Dieng, sangat dingin menusuk ke Tulang. Di tengah gelap dan dinginnya subuh saat itu, kami beriringan dengan sebuah motor ber-Plat AA xxxx XX (menandakan motor milik warga sekitar) sempat bertanya sambil berjalan perlahan, Bro iwan: “mas ke Bukit Cikunir kemana ya..? Mas Bro menjawab: “iya kita juga mau kesana, betul mas arahnya kesini kok”. Kami pun segera merapat dan mengikuti si mas bro ini, dengan berkeyakinan mas bro warga sekitar dieng yang tahu Bukit Cikunir.

ARC Team..

ARC Team..

Tanda tanya di benak kami mulai menghinggapi tatkala jalan aspal mulai berganti dengan bebatuan dan tanah yang licin bekas hujan kemarin plus turunan tajam. Kami bertanya-tanya dibenak kami, Benarkah arah Bukit Cikunir kesini ? kok Sepi ? kok jalannya jelek ? katanya paling bagus se-asia dan selalu ramai orang datang kesini, bahkan cerita dari wisatawan dari pasar minggu di tempat kami menginap (penghuni sebelum kami) katanya ramai dan macet. HHHmmm akhirnya Kami dan si mas bro berhenti di Ujung jalan yang memang sudah tak ada jalan setapak lagi tuk Motor. Sama-sama berhenti dan kami tanya, Mas bro benar ini Bukit Cikunir..? Kok Sepi yaa..? katanya macet dan ramai.. Mas Bro: “saya juga kurang tahu mas, saya cuman di kasih tau penduduk ke arah sini”… Nah loh.. ternyata yang kami ikuti tadi Wisatawan juga sama seperti kami, kecele deh Heheheheee.. Sempat ada penduduk sekitar yang lewat hendak ke kebunnya membawa semprotan pupuk, kami bertanya kepada bapak tersebut, dan beliau bilang bukit Cikunir lewat sini bisa mas.. Bukit Cikunir ada disana sebenarnya tapi lewat sini juga bisa, Parkir motornya disini tinggal jalan ke atas sana, kurang lebih 30 menit lah (versi penduduk lokal) mungkin kalau tuk kami yang jarang berjalan naik turun bukit bisa 1 jam hehehee..

SunRise

SunRise

Kami memutuskan untuk stay saja di ujung Bukit ini karena untuk balik lagi sudah tidak mungkin, Jalannya naik berbatu terjal dan waktu sudah mepet, Jam 4:45.. Kami pun bersama-sama menikmati Indahnya Alam Dieng dari Bukit yang lebih tinggi dari Candi Arjuna. Sambil menunggu SunRise kami ambil beberapa dokumentasi dan menghirup udara segar sebanyak mungkin. Begitu SunRise muncul… Subhanallah Walhamdulillah Walaa ilaaHa illallah Wallahu Akbar.. Sangat indah kawan-kawan.. 3 Sinar matahari muncul mengawali SunRise yang kemudian disusul rona kemerahan. Luar Biassaaa… Dijamin ga nyesel bangun jam 4 Subuh deh…

Dieng 18-21 Aprill 0010

SunRise

SunRise

Dieng 18-21 Aprill 0016

Puas Menikmati SunRise dan Alam disana kami bergerak kembali untuk menuju Telogo Warna dan Candi Arjuna. Lagi-lagi kami disuguhi Pemandangan yang Luar Biasa Indah.. Telogo Warna di Pagi Hari sangat-sangat indah layaknya Lukisan sang Maestro.. Subhanallah Walhamdulillah Walaa ilaaHa illallah Wallahu Akbar.. Sayang kami tidak sempat memutari semua Telogo Warna, karena kami mengejar waktu untuk ke Candi Arjuna lalu langsung Pulang ke Jakarta.

Dieng 18-21 Aprill 0018

Telogo Warna di Pagi Hari.. Indah Sangat...

Telogo Warna di Pagi Hari.. Indah Sangat…

Candi Arjuna pagi itu sudah ramai oleh pengunjung, selain didatangi para Bikers dari berbagai komunitas dan Club Tiger yang sedang ada acara disana, ada juga komunitas CB dan Motor Honda 70an.. wooww CB dan Honda tua itu masih bisa naik ke dataran tinggi dieng kawan-kawan.. kerreeenn kan.. Kami tidak menyia-nyiakan waktu di Candi Arjuna, kami mengambil beberapa Dokumentasi. Ada yang cukup menarik perhatian di rerumputan Candi Arjuna ada Badut Teletubies, yaa di area bukit teletubies ada teletubies-nya…

Candi Arjuna, Dieng

Candi Arjuna, Dieng

Candi Arjuna, Dieng

Candi Arjuna, Dieng

Puas melihat-lihat dan berfoto-foto di Candi Arjuna kami langsung pulang ke Penginapan yang dilanjutkan Packing dan Mandi serta Siap-siap kembali ke Jakarta. Sambil siap-siap beberapa dari kami sibuk memilah-milah Buah CARICA dan KENTANG MERAH Khas Dieng.. Buah CARICA dan KENTANG MERAHnya Fresh from The Farm.. Selesai Packing-packing motor kami pun pamit ke pemilik Home Stay..

Dieng 18-21 Aprill 0024

Suku Asli Dieng..

Suku Asli Dieng..

Jalur pulang kami berbeda dengan jalur kedatangan, jika datang kami melalui Banjarnegara, untuk Pulang kami ambil jalur Wonosobo yang notebene lebih dekat daripada Banjarnegara, mengingat kami Pulang pun bakal lewat Jalur Selatan Jateng-Jabar. Sebelum meninggalkan Dieng, tak lupa kami mendokumentasikan Gerbang Selamat datang di Dieng, disana kami bertemu dengan Kawan-kawan dari Jogjakarta, Gunung kidul dan lain-lain.

Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah..

Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah..

Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Sebelum kami masuk ke Kota Wonosobo kami mengisi Full Bahan Bakar terlebih dahulu dan di kota wonosobo kami juga sempat mampir ke bengkel dahulu tuk mengganti Bearing (kelaher) motor Bro Trias si Dudul Bajaj Hitam. Disana terjadi diskusi kecil terkait usul/keinginan dari Big Bro sang Sweaper yang mengusulkan untuk mampir ke Kampung Halaman sang istr di Kebumen (yang belakangan diketahui Kutowinangun bukan Kebumennya, cukup jauh sih melipirnya itu *tepok jidat* heheheehee).

Lanjut perjalanan masih jauh, kami menyusuri Kota Wonosobo terus ke Selatan ke arah Kebumen dan belok ke arah Wadas Lintang, cukup menyita waktu lama juga mampir kami ke Kutowinangun, plus sempat diguyur gerimis juga. Sampe di Kutowinangun kami disuguhi makanan yang sangat lezat membuat beberapa kawan nambah porsi makannya (mumpung enak dan gratis kali yaa hehehe) makasih yah big bro. Habis makan kita beristirahat sejenak, eh ternyata udara yang sangat panas akibat mau Hujan ga jadi turun berubah adem ketika kita duduk dekat kipas angin. Abis makan dikipasin mata ngantuk, langsung aja deh beberapa Squad Hibernasi lagi.. hehehee

Tanpa sadar kami terbangun hari sudah sore aja, 16:30.. woow mulur waktunya lama juga nih.. Kami pun kaget dan siap-siap berangkat pulang. Jalur kali ini Kutowinangun arah Kutoarjo, masuk jalur Selatan dimana biasa Bus-bus Jateng melintas.. Lumayan Crowded di Jalur ini ditambah lagi Ulah Oknum Supir Bus yang tidak memberi kami Ruang untuk mendahului, sempat beberapa kali kami dibuat Kesal Bus-bus tersebut. Dengan sabar dan Hati-hati pastinya kami melaju di Jalur nan sempit dan dipenuhi kendaraan besar-besar (Bus dan Truk). Sampai akhirnya kami tiba dan beristirahat di SPBU Perempatan Purwokerto-Cilacap-Kebumen-Bandung, di SPBU ini kami istirahat cukup lama juga karena Squad menjajal Jasa Pijat Badan Tunanetra ganteng (awalnya kami pikir dia Bikers juga yang hendak menyapa dan berkenalan dengan kami eh ternyata menawarkan jasa pijat). Pijatannya diakui teman-teman sangat enak bikin badan yang berat jadi enteng.

Perjalanan pulang terasa agak lambat tapi lebih cepat karena tak ada kendala teknis dari kendaraan kami seperti yang kami alami saat keberangkatan. Keluar dari SPBU tak lama kami disuguhi jalanan yang berlubang dan terkadang tidak ada pilihan lain selain menghantam Lubang Jahanam tersebut.. Musuh kami kali ini selain Lubang ada juga Bus, Truk dan Kendaraan Pribadi berplat B yang hendak pulang ke Jakarta juga.. Sampai di Majenang kami berhenti sejenak (panggilan perut sang sweaper hehehee)… Selesai makan, perjalanan dilanjutkan, kami masih berjibaku dengan Hancurnya Jalan Utama Selatan Jateng-Jabar ini.. Sangat menguras Konsentrasi dan Tenaga Bradersist.. Sampai akhirnya kami tiba di Banjarsari, disini Jalan Mulus, Kecepatan bisa dipacu agak lebih cepat..

Tak terasa kami sudah tiba di Pertigaan Ciamis-Pangandaran, kendaraan kami pacu lagi untuk titik point di Alun-alun Ciamis. Jarum Jam menunjukkan Pukul 01:55, kami Sempat mampir di Terminal Ciamis (Bro Trias mengejar waktu mengajar untuk menyidangkan Mahasiswa/i-nya, namun sayang jam segitu Bus tidak ada yang mampir di Terminal dan di Jalan Jawa Barat ini pun jarang Bus dengan tujuan Jakarta yang melaju.. (sempat tanya2 sebentar dng saudara di Ciamis dan dapat Jawaban kalo jam 2-4 mah jarang a, paling ada abis Subuh aa).. Akhirnya Bro Trias mengurungkan niatnya melanjutkan perjalanan ke Jakarta karena memang untuk mengejar Jam 7 Pagi sampai Jakarta tidak akan terkejar, kami Realistis saja. Lalu Kami bergeser ke Alun-alun Ciamis tuk mengopi sambil mendiskusikannya.

Disini diputuskan Tim dibagi 2.. yang melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan yang Berhenti menunggu Pagi di Ciamis, Bro Toge yang terlihat kelelahan memutuskan tuk menginap bersama Bro iwan, Bro Trias dan Big Bro Mike. Sementara itu Tim yang lanjut ke Jakarta saat itu juga ada Bro Fery dan Bro Dede yang sama-sama berboncengan. Jam 2:30 Kami berpisah, sambil menitipkan pesan ke Tim yang lanjut untuk Berhati-hati di Jalan.

Sementara itu Tim yang menginap ogah buang2 waktu, begitu sampai rumah bro iwan motor dimasukkan langsung tidur. Pagi menyambut, kami bergegas mandi bergantian, mengeluarkan motor satu per satu, memanaskan dan siap berangkat ke Jakarta. Pagi itu kami Sarapan di Sindangkasih jalur arah Fly Over Rajapolah, RM Makan bu yayan jadi pilihan kami. Masakannya enak bro.. hehehee..

Kenyang mengisi perut kami segera lanjutkan perjalanan, perjalanan pagi jelang siang itu sangat lancar, kami tidak menemui macet sebagaimana waktu berangkatnya kami kena macet di Malangbong-Gentong. Kami sempat berhenti sejenak menikmati pemandangan dari Jalan Baru di sekitaran Gentong arah Nagrek. Lanjut masuk Nagrek kami sempat lurus sedikit via Jalur lama karena ketidak tahuan sang RC hehee.. akhirnya putar balik melalui Jalur Baru satu arah. Gas di Puntir sampai akhirnya kami sampai di Semi Terowongan Nagrek. Kami ambil beberapa Dokumentasi disini sambil beristirahat merokok barang sebatang.. puusshh pusshh ngebuuulll dah tuh..

Nagrek, Jawa Barat (arc)

Nagrek, Jawa Barat (arc)

Lanjut masuk ke Bandung Jalan Nagrek-Rancaekek arah Jakarta cukup bagus dibandingkan arah sebaliknya yang Hancur.. di Jalan baru arah Rancaekek gas Kendaraan kami bisa di Puntir di kisaran 90-100 Kpj (Jalan sepi dan mulus) namun tetap hati-hati yaa bradersist, sampai akhirnya kami masuk ke Jalan Soekarno Hatta, kondisi lalin Ramlan jalan relatif mulus.. Kami mampir ke Cibaduyut, Liat-liat kali aja ada sepatu yang Sreg di Hati bradersist.. Siang berganti Sore kami kembali nge-gas lagi.. Masuk ke Cimahi, Wooww Luaarr Biaasssaa Kondisi Lalin disini, ga Jauh beda dengan Jakarta “CROWDED” Plus banyak Bikers nanggung yang menghalangi laju (pelan mah kuduna disisi wae atuh nya)… Cckkckckk.. Kondisi seperti ini kami hadapi sampai menjelang Pintu Tol Padalarang. Selepas itu Jalan Lancar, masuk ke Gunung Kapur.. Cianjur.. Puncak.. Lancar Blaass… Hujan sempat menghampiri kami di Puncak sebelum puncak pass.. dengan Jas Hujan kami melaju di tengah dinginnya Udara Puncak.. Masuk Parung Jalan cukup lebar dan lumayan sepi.. Hingga Akhirnya kami Masuk Kota Jakarta Kembali dan Alhamdulillah semua Squad Touring ARC Goas Dieng (Tim 1 dan 2) Selamat sampai kembali ke Rumah masing-masing dan Alhamdulillah Allah melindungi kami selama berangkat dan pulang..

Terowongan Nagrek, Jawa Barat (arc)

Terowongan Nagrek, Jawa Barat (arc)

Alhamdulillah 1.177 KM Jakarta-Bandung-Banjarnegara-Dieng-Wonosobo-Kutowinangun-Bandung-Jakarta sudah kami Tempuh.

..Sampai Jumpa di Next Touring ala ARC…

Thanks To:

  • Terima Kasih kami ucapkan Kehadirat Allah SWT atas semua Nikmat & Perlindungan-Nya..
  • Terima Kasih kepada Squad Touring atas semuanya..
  • Terima Kasih kepada Pasangan dan Keluarga kami atas do’anya..
  • Terima Kasih kepada Keluarga Besar ARC yang sudah mensupport dan mendo’akan Kami
  • Terima Kasih kepada ODOJ dan Ghuroba (grup kajian islam alumni SMU N 33) atas Support dan Do’anya..

Salam Safety Ride,

 ==== ARC ====

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s