ARC Goes To Dieng, Wonosobo

Path ARC Dataran Tinggi Dieng, Kawasan Wisata di Jawa Tengah yang Terkenal Indah, Dingin dan memiliki Tempat untuk melihat SunRise Terindah se-asia. Kamis, 17 April 2014, Jam 23.00.. Dimana Sebagian orang sudah mulai Rebahan dan Tarik selimut untuk mengarungi dunia mimpi. Kami Squad ARC siap-siap untuk mengarungi aspal menuju Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Squad ARC kali ini diisi oleh 6 Bikers dan 3 Boncengers, antara lain: Bro Iwan Galuh dan istri tercinta, Bro Dede dan kekasihnya, Bro Trias, Big Bro Mike, Bro Toge, Bro Fery Ardiansyah dan istri tercinta (nama squad belakangan sudah menunggu di Jambu 2, Bogor).

Rencana awal keberangkatan terpaksa mundur karena beberapa hal. Akhrinya kami start dari Ex SPBU Pondok Indah sekitar Jam 00:30 Menjemput Bro Toge di Carrefour Ciputat, setelah menunggu beberapa lama dan bertemu dengan Bro Toge, kami Lanjut menjemput Bro Fery dan istrinya yang sudah menunggu di SPBU Jambu 2 Bogor. 02:06 kami pun bergegas dari Shell Jambu 2 Bogor. Perjalanan awalnya berjalan lancar, menembus macet dan udara malam Puncak, ke 6 Bikers ARC dengan asyiknya melahap tiap Tanjakan dan Tikungan dengan RC Bro Trias diikuti Bro Toge dan yang lainnya, namun menjelang Puncak Pass Kejadian tak terduga, Rantai Scorpio tunggangan Bro Fery Putus ketika sedang asyik melahap Tanjakan. Jam menunjukkan 03:06 Beruntung kami terhenti ditempat ramai, langsung saja Bro Toge dan Big Bro Mike mencari bengkel yang buka 24 jam. Dapat bengkel tapi lumayan Jauh di Ciloto setelah Taman Bunga Nusantara, Bro Dede Cukup jauh menarik motor Bro Fery. Hampir 3 jam waktu kami terpakai untuk menarik motor dan memperbaiki rantai yg putus (kebetulan bengkel satu2nya ini susah juga nyari stok rante jadi lama deh).

Setelah di pastikan oke, kami langsung nge-gas, namun sayang di jalan lurus Cianjur motor Bro Dede Selip Kopling sehingga mempengaruhi tarikan motornya (mungkin efek menarik motor di puncak naik turun). Jam 05:55 Kami putuskan berhenti sejenak di Masjid Cianjur lalu Sarapan dan bergegas mencari Bengkel tuk memperbaiki Kopling Scorpio bro Dede. 07:20 kami lanjut nge-Gas, sampai di Bandung ternyata jalan sudah ramai dan macet tapi masih bisa dibilang lancar tuk motor melaju, sempat berhenti sejenak di SPBU Soekarno Hatta dikarenakan Indikator Temperatur NVL bro Toge menyala merah. Setelah di cek dan lakukan penambahan Air Radiator kami bergegas jalan kembali. Jalan dari Soekarno Hatta sampai ke Rancaekek cukup Lancar dan mulus. Memasuki Jalan Raya Nagrek, Macet sudah menyambut kami. Kendaraan roda 4 harus berjalan antri, tapi bagi kendaraan roda 2 masih bisa melaju lewat celah2 kendaraan roda 4. Ternyata di Jalan Raya Nagrek sebelum turunan Nagrek Jalan Hancur Lebur, ini yang menyebabkan Kemacetan Panjang.

Mesin kami Panas luar biasa karena Macet dan Udara yang terasa amat Panas. Masuki Turunan Tajam Nagrek kami langsung belok ke Mesjid Nagrek untuk menunaikan Shalat Jum’at (Bikers juga kudu bin wajib Shalat bradersist). Panasnya udara saat melintasi kemacetan seketika sirna dengan Air Wudhu membasahi wajah kami, dan alhamdulillah kami dapat tempat “istimewa” adem dengan angin sepoi-sepoi. selesai shalat jum’at kami lanjutkan makan siang. Jam menunjukkan jam 2 siang lewat kami bergegas melanjutkan pejalanan dengan Titik Poin istirahat di Ciamis sekalian memperbaiki keluhan di motor bro Toge dan Lampu di Motor Chef Trias. Jam 16:00 kami tiba di Ciamis minus Bro Dede yang tertinggal jauh di Rajapolah. Alhasil sekalian nunggu bro dede sebagian ada yang langsung tidur dan sebagian ada yang membersihkan diri dengan mandi atau sekedar cuci muka Plus Shalat Ashar. Selesai shalat Maghrib dan Isya Berjamaah kami lanjutkan perjalanan namun sebelumnya mampir di Mie Ayam POPO di alun-alun Ciamis, menghilangkan rasa penasaran Chef kami Bro Trias (sampe nambah 2 mangkok) hehehee…

Mie Ayam POPO, Alun-alun Ciamis, Jawa Barat

Dieng 18-21 Aprill 0002

Cukup menikmati Mie Ayam POPO dan suasana malam Alun-alun Ciamis yang malam itu lebih Ramai dari malam biasanya. Sempat mengisi Bahan Bakar di SPBU Bojong Ciamis, Kami langsung ngegas, Aspal mulus dengan Liuk Tikungan Khas Ciamis kami lahap hingga tak terasa sudah memasuki Perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jalan Aspal mulus mulai berganti dengan Jalan yang berlubang hingga Puncaknya Jalan Hancur tak Berbentuk (Padahal ini Jalur Utama Selatan). Cilacap, Majenang, Wangon sampai Perempatan Buntu rata-rata Jalan Hancur (Lubang besar nan dalam serta beberapa tempat hanya tersisa kerikil dan tanah).

Oh iya ada Kejadian yang cukup membuat Bro Fery yang tadinya Ngantuk Berat langsung Melek Poll, di Majenang saat kita istirahat di Alfamart ada 4 ABG (manusia kardus) datang menggunakan motor metic dan motor kopling. 2 orang ABG masuk ke Alfamart dan 2 ABG lagi mengamati motor-motor dan barang bawaan kami. Presiden ARC langsung Curiga begitu melihat tingkah laku aneh ke 4 ABG itu. 2 ABG mendekati Bro Fery dan Istri yang sedang istirahat, 1 orang mengamati 1 orang mengajak ngobrol bro Fery yang tadinya tertidur jadi terbangun, sempat terjadi percakapan “Basa-Basi” Presiden ARC lalu mendekati ABG tersebut dan si ABG kaget lalu dengan keadaan masih gugup berusaha mengajak ngobrol Presiden dan Bro Fery, Tak lama Big Bro menghampiri kami, langsung si Bocah di “interogasi” dan tak lama dari percakapan itu si ABG langsung Cabut Ngacir. Sementara itu di depan jalan masuk Alfamart sudah “terkumpul” beberapa orang dengan menggunakan 4-5 motor berboncengan mengamati kami. Melihat gelagat tak baik kami pun segera pergi dan melanjutkan perjalanan. (Alhamdulillah tidak terjadi yang tidak diinginkan).

Di sebuah SPBU majenang kami terlibat diskusi Jalur mana yang akan diambil, akhirnya kami memutuskan melalui Kebumen dan Naik langsung ke Purbalingga. Namun karena gelap dan hanya ada petunjuk Banjarnegara akhirnya kami pun lewat Banjarnegara. Ada kejadian unik sebelum berbelok lewat Banjarnegara kami berhenti di SPBU Jatilawang, setelah berputar2 masuk hutan keluar hutan dan gunung pas adzan Subuh kami berhenti di sebuah Masjid dan disitu pun tertulis JATILAWANG. Kami pun saling bertanya dan bercerita satu sama lain. Bro Toge, Bro Trias dan Big Bro Mike pun buka omongan dimulai oleh Bro Trias: Bro, Dieng itu tempat apaan sih..??, Bro iwan: emang kenapa..??, Bro Trias: kok tadi banyak amat penghuninya sih.. gw kaget ditengah jalan ada yg duduk hampir ketabrak. “Gw juga tadi kan bilang dijalan Ngantuk banyak yg gangguin” timpal Bro Toge. Big Bro pun ikut menghangatkan udara yg dingin “iya kan tadi gw tunjuk-tunjuk tuh disono tuh disono”.. Wooww sungguh pengalaman yang aneh..

Dataran Tinggi Dieng.

Bro Toge dan Big Bro penasaran dan menanyakan ke Warga sekitar, mereka bilang memang jalannya begitu kalo dari Banjarnegara, Masuk-Keluar Hutan dan Gunung kalian ga muter-muter kok, udah bener.. tinggal 21 KM lagi ke Dieng.. Dieng via Banjarnegara memang lebih Jauh dari pada via Wonosobo jika kita Ambil jalur Selatan dari Jakarta.

Selesai Shalat Subuh kami pun melanjutkan perjalanan dan Akhirnya Tiba di Dieng sekitar jam 05:30. Sempat Parkir di kawasan Candi Arjuna untuk Ngopi dan Sarapan Kentang Goreng, sambil tanya-tanya penginapan yang kosong dan terjangkau. Tapi Kami tidak dapat yang sesuai keinginan kami. Matahari mulai naik tinggi kami pun bergegas segera mencari penginapan, setelah putar-putar akhirnya kami dapat penginapan di seberang Candi Arjuna, yaitu Penginapan Rafflesia. Penginapan sederhana namun nyaman dan lumayan luas, dengan 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang tipi, dapur, dan 2 kamar mandi plus Pemanas air.

Tak menyia-nyiakan waktu, kami bergantian membersihkan badan dan membereskan barang bawaan. Rasa lelah, letih selama 28 jam perjalanan (riding 19 jam +istirahat 9 jam plus ada trouble). Selesai mandi kami pun segera meluncur mencari makan siang, tak jauh dari penginapan tapi kalo jalan kaki lumayan juga. Selesai makan siang +belah duren, kami bermaksud ingin keliling kawasan wisata dieng namun sayang siang itu Hujan lumayan deras mengurungkan niat kami keliling, sehingga akhirnya kami memutuskan kembali ke penginapan dan cari kasur serta selimut (Hibernasi hehehee).

Bercengkrama di Penginapan Rafflesia.. Recommended banget nih Home Stay..

Bangun tidur siang, Hujan tak kunjung reda sampai sorepun tiba, dan hari itu kami hanya bercengkrama di dalam penginapan. Malam pun beranjak, Puas bercengkrama plus ngerokin RC Muda ARC (Bro Toge), sebagian dari kami meneruskan tidur-nya, sementara itu Bro Trias bersama Bro iwan dan Sist Resti keluar Penginapan untuk mencari Makan Malam, Bro Trias sangat penasaran dengan Rasa Mie Ongklok Khas Dieng. Alhamdulillah walau sudah jam 20.00 malam masih ada yang buka Mie Ongklok walau Menu sudah tidak Komplit tapi Mie Ongklok plus Sate Ayam dan Sapi masih tersedia dan mengobati rasa penasaran Bro Trias. Bro iwan: “gimana bro mie ongklok dan satenya enak..??”.. Bro Trias: “Enak bro dua-duanya”. Malam itu kami dapat Menikmati 2 Hal sekaligus, Nikmatnya Mie Ongklok Khas Dieng dengan Satenya dan juga Nikmatnya Udara Sejuk Dieng.. (Aslinya sih angin semilir dingin hehehee). Setelah Puas kami kembali ke Penginapan untuk istirahat menyiapkan mengejar SunRise Jam 4.30 Subuh. Selamat istirahat kawan-kawan… To Be Continue…

Hati-Hati..!!!

Note:

• Kondisi Jalan Jawa Barat yang Rusak Berat ada di Setelah Jl. Raya Rancaekek-Jl. Raya Nagrek sebelum Turunan Nagrek.. Hancur Lebur (Bikin Macet Panjang).. Semoga Instansi terkait segera memperbaikinya..
  • Kondisi Jalan Jawa Tengah Rusak Berat Mirip Kubangan Ternak, Lubang besar-besar dan lumayan dalam ada di sepanjang Jalan Majenang, Cilacap sampe ke Wangon.. Purwokerto ke Banjarnegara Mulus..
  • Hati-hati memilih tempat istirahat, sebaiknya di tempat yang ramai penduduk atau lebih baik di SPBU yang agak besar.