YAMAHA 250cc Bakal Segera Dirilis dan Siap Adu Kebut dengan Ninja & CBR ???

Yamaha R4 250cc

Yamaha R4 250cc

ARC, Jakarta – Yamaha Indonesia sepertinya tak mau kalah dengan Kawasaki dan Honda yang lebih dulu mengeluarkan varian motor berkapasitas 250 cc. Di tahun ini pabrikan berlogo ‘Garpu Tala’ itu siap mengikuti jejak dua pesaingnya tersebut.

Kawasaki dengan Ninja 250cc sudah menancapkan kukunya lebih dulu di kelas tersebut sejak 5-6 tahun lalu dan dinilai cukup menaikkan keuntungan mereka di Indonesia ini, setelah sebelumnya tenar dengan type Ninja 150R dan Ninja 150 KRR.

Sementara langkah serupa diikuti Honda yang dua tahun meluncurkan motor CBR 250r sebagai varian baru dari type CBR yang angkat nama di kelas 150cc. Peluncuran Motor itu pun ikut mendongkrak penjualan motor tersebut di Tanah Air hingga tahun ini.

Berikut ini beberapa Artikel Terkait Time Line Yamaha 250cc yang ARC Kutip dari Blogger Otomotif Senior Akang Haji Taufik Hidayat, TMCBlog.com:

Sinyalemen Time Line Sport 250 cc Yamaha Februari 25, 2013

Foto Iseng... Rossi aja naik MX.... Yamaha Lover... hehee

Foto Iseng… Rossi aja naik MX…. Yamaha Lover… hehee

Bro sekalian, sudah sangat santer rumor yang menyebutkan bahwa Yamaha akan juga ikut meramaikan jagad motor sport 250 cc. Sudah banyak info info un official mengenai jati diri calon sport 250 cc Yamaha yang akan hadir nanti ini. Mulai dari mesin 250 cc 2 silinder DOHC dengan metoda plating cylinder seperti yang yamaha lakukan untuk WRX 250 sampai sampai detail swing arm High Pressure Die Casting. begghhh . .

Nah Yang paling ditunggu adalah kapan sebenarnya Sport 250 cc ini akan mulai nongol di tanah air? Mengenai bentuknya sendiri santer di isukan akan mulai dikenalkan oleh Yamaha di Gelaran Motorcycle Show ternama EICMA Milan 2013 di semester kedua 2013.  Motor nya sendiri disinyalir kuat memang sudah masuk daftar New Product nya YIMM dengan Kode produksi (TPT) Yamaha 1WD/ Kode Project 05A.

Sinyalemen Time Linenya gimana? Oke tmcblog mencoba menerka nerka berdasarkan apa apa yang pernah YIMM lakukan sebelumnya di segmen sport . . . tmcblog mensinyalir Prototipe pertama dari Sport 250 cc ini sudah mulai diproduksi bahkan di akhir semester pertama 2013 ini, produksinya sih biasanya sedikit hanya bebrapa sampai beberapa puluh unit saja . . . Prototipe pertama ini akan diujicobakan sepanjang 2013 ini . ..  so jangan kaget jika memang di 2013 ini sudah ada sedikit seliweran sebuah motor sport misterius baru lagi dari Yamaha

TMCBlog mengira proses prototipe pertama ini baru akan selesai  di awal 2014 nanti . . . Full Test Ride Internal baru akan dilakukan oleh YIMM mulai sekitar  awal 2014 (bulan januari-febrari 2014- setahun lagi ) nahhh biasanya test internal ini bisa berlangsung 6-8 bulan . . . sehingga sampai saat ini tmcblog mensinyalir time line perakitan massal Motor sport 250 cc Yamaha baru akan terjadi AGustus-September 2014 . . .masih persis seperti yang pernah tmcblog ungkapkan sekitar setengah tahun yang lalu . ..  so minimal untuk bentukannya bisa kita simak di EICMA Milan 2013 nanti (kalo jadi Yamaha mengenalkannya ) . .. sooo kita tunggu saja ya, semoga berguna

Foto: speedometer new vixion

Foto: speedometer new vixion

Dikutip dari TMCblog.com… Bro sekalian, akhirnya keluar kalimat konfirmasi dari pak Dyonisius Beti selaku VP YIMM bahwa Yamaha Indonesia memang benar sedang mempersiapkan satu new product yakni Sport 250 cc. Mengenai spek dan tanggal resminya masih ditutup rapat … Hmmm mudah mudahan nggak jauh dari yang tmcblog share kemarin kemarin ya… Oke salam dari ruang Press Converence Yamaha Racing Team 2013. Sumber TMCblog.com

Maka dari itu Yamaha yang tahun lalu merajai penjualan motor di Indonesia tak mau ketinggalan jauh dari Kawasaki dan Honda, dengan rencana mereka mengeluarkan varian motor sport berkapasitas 250cc di tahun ini. Selama ini Yamaha “cuma” mengandalkan V-Ixion di kelas sport sebagai pendulang uang untuk mereka.

“Yamaha akan keluarkan motor 250 cc tahun ini. Tunggu aja ya undangannya,” ucap Executive Vice President Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti sambil tersenyum dalam jumpa pers peluncuran Yamaha Racing Team 2013 di kantor pusat Yamaha, Kamis (28/2/2013).

Dyon sebenarnya sempat mengungkapan motor 250 cc ini beberapa waktu lalu. Tidak seperti pesaingnya yang meluncurkan motor sport murah, Yamaha lebih tertarik dengan segmen yang lebih berat, seperti 250 cc.

“Kita akan lihat ekonomi kelas. Sekarang masih sport premium yang akan jalan. Sport yang model bawah keliatannya tidak berkembang,” tegas Dyonisius. Sumber detik.com

Apa Yang harus di Perhatikan dari Next New Yamaha Sport 250 cc ? Februari 27, 2013

Bro Sekalian,  Bicara Sport 250 cc saat ini banyak banget varian yang sudah wira wiri di Jagad market Roda dua Indonesia. Mulai dari Pioneer di era Modern Ninja 250R, CBR 250R, Megelli 250 series, Ninja 250FI , Z250, sampai Inazuma GW250 . . . akan tetapi benang merah dari Kesemua Motor  ini adalah . . . semua Motor Impor, yang diproduksi di Luar negri mas bro . . . nah disinilah letak Kemungkinan Kans Yamaha 250 cc sport menyeruak. Lho Kenapa?

Foto: Yamaha R15 (tmcblog)

Foto: Yamaha R15 (tmcblog)

Honda  di isukan sudah mulai mau memiliki planing memproduksi sendiri di Indonesia varian Sport 250 cc di tanah air . . . dan ada kemungkinan sebagai pengganti/ suksetor sang legendaris Honda Tiger 2000 . . . rumor santer yang berhembus adalah akan menggunakan mesin satu silinder 250 cc DOHC entah dari Mesin CBR 250R atau mesin CBX 250 . . . Yup Honda berfikir untuk Motor harian dan touring memang lebih pas menggunakan mesin satu silinder, tampolan torsinya lebih ngejambak, akselerasi awal untuk stop and go lebih nyooos di banding dua silinder. Sedangkan kemungkinan Next Gen of CBR250 dicangkoki mesin 2 silinder segaris juga cukup kuat auranya

Sedangkan Yamaha? di 2014 Yamaha disinyalir akan memproduksi sendiri di Plant motor sport YIMM  sebuah Varian Sport 250 cc yang rumornya bermesin dua silinder DOHC (yang sketsa CAD low res nya akan tmcblog rilis setelah ini ) di Indonesia dan akan menjadi bagian dari 9 motor baru yang akan rilis di 2013-2014 ini.  Kenapa Harus Indonesia ? kenapa Nggak India ? . . . Yappp kita semua tahu sebenarnya R15 sendiri disinyalir sudah masuk List  untuk brojol di Sini . . . akan tetapi karena rendahnya kualitas hasil kerja Yamaha India, membuat Yamaha Indonesia yang memiliki basis Konsumen Yang Idealis disinyalir meng urungkan niatnya dan mungkin akan mengaudit lebih lanjut kemungkinan R15 hadir di Indonesia

Balik Lagi ke sport 250 cc Yamaha . . . Sport bermesin 2 silinder segaris DOHC yang diproduksi di Indonesia bisa jadi cuma Yamaha 250 cc ini . . . Honda belum terlihat akan mengambil langkah serupa (honda memang rapet banget) Soooo, ada keuntungan Lokasi regional disini yang bisa membuat Yamaha 250 cc nanti menjadi varian yang lebih value secara price dibanding kompetitor sport 250 cc dua silinder yang ada . . . kita harapkan saja yaaa . . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Sketsa CAD Yamaha Sport Full Fairing 250 cc ? Februari 27, 2013

Bro Sekalian, Seperti yang pernah tmcblog tulis bahwa telah datang satu sketsa yang menurut pengirim merupakan sketsa CAD ( Computer Aided Design ) dari Next Yamaha 250 cc (Yamaha 1WD) . Sekilas Terlihat bahwa Sketsa yang tmcblog gelar di artikel ini merupakan Sketsa CAD dari sebuah Motor sport Full Fairing. Gambar yang tmcblog terima sangaaaaattt kecil dan buruk resolusinya, sehingga harus tmcblog olah sedikit demi sedikit dengan software pengolah citra . . . Mohon maaf kalo hasinya kurang maksimal, tadi nya sempet merasa gambar ini kurang bagus secara resolusi untuk ditampilkan  . ..  cekidot

Foto: Yamaha250 sketch (TMCBlog)

Foto: Yamaha250 sketch (TMCBlog)

Jika memang benar gambar di atas adalah sketsa Sport 250 cc Yamaha terlihat dari Gambar pertama streamline garis yang ditunjukannya sangat tajam khas motor sport. Sudut headlamp-windscreen lumayan terlihat aerodinamis . . . headlampnya koq mengarah ke R1 lama ya . . ? entahlah, mudah mudahan pake lampu projector

Foto: Yamaha250 sketch (TMCBlog)

Foto: Yamaha250 sketch (TMCBlog)

Nah Dari Gambar kedua diatas terlihat secara samar samar bagaimana bentuk dari Tangki bbm nya, Joknya yang terpisah (sparated seat) dan ada tergambar footstep pembonceng yang menggantung. Terlihat secara samar pula back Fender (spatbor belakang) di desain agak menggantung dan bukan tepat berada di belakang (buritan) ini membuat streamline buritan menjadi sangat tajam dan Racy . .  sinyalemen rodanya menggunakan ring 17 dengan ukuran lebar tapak depan 2,75 dan belakang 3,5 inchi, dan swing armnya menggunakan teknologi swing arm High Pressure Die Casting cmiiw

entah kenapa disana tmcblog samar samar melihat sasis nya tidak berbentuk delta box seperti layaknya Yamaha Vixion . . .  akan tetapi seperti sebuah spar kiri kanan dari sebuah sasis turbular yang secara umum malah mirip dengan Ninja 250 dan CBR 250R . ..  apa tmcblog salah melihat/ menganalisa . . . sok mangga mas bro sekalian cekidot deh

Motor nya sendiri menurut sinyalemen time line yang pernah tmcblog jembreng di artikel sebelumnya baru akan masuk Produksi massal di Tahun 2014 dengan kemungkinan tampil dan dikenalkan secara perdana di gelaran EICMA Milan 2013 . . . dan menurut informasi yang masuk Yamaha mempersiapkan dua Varian disini Full Fairing Sport dan Naked Bike  . . . wew . . .hmmm  silahkan dikomentari . . . mohon maap kembali cuma gambar resolusi rendah kayak begitu yang tmcblog bisa share apa adanya . . .

Note: ARC mengucapkan Terima Kasih banyak kepada Blogger Senior Otomotif Akang Haji Taufik Hidayat yang sudah me-Like Izin Repost Artikelnya soal Yamaha 250cc… Terima Kasih banyak Akan Haji… Salam, iwan -ARC 008-
Sumber: TMCBlog.com dan Detik.com

8 thoughts on “YAMAHA 250cc Bakal Segera Dirilis dan Siap Adu Kebut dengan Ninja & CBR ???

    • iya bener banget bro… jadi Komplit deh…. Paling ditunggu-tunggu soalnya nih R4…. mudah2an aja Design dan Performa-nya sesuai dengan Harapan kita sebagai Bikers Indonesia yah bro…

      btw.. makasih dah mampir bro….
      Salam,

      keep safety
      ARC

  1. sasisnya saya lihat memang kayak ninja 250, mungkin itu untuk menekan biaya jd lebih rendah…
    kalo design yamaha biasanya oke (y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s